Sabtu, 15 Desember 2012

Cara Memeriksa Error dan Debugging - Javascript

Memeriksa Error dan Debugging - Tidak ada keraguan bahwa Javascript dapat menjadi bahasa yang mengesalkan, mungkin bisa juga frustasi. Sayangnya, ada beberapa cara mudah untuk melihat beberapa kesalahan yang kita dapat tanpa beberapa bentuk dari perangkat lunak debugging atau plug-in. Bahkan, pesan galat ini dapat menghasilkan sesuatu yang agak membingungkan. Debugger yang kita sukai adalah pengembang Web toolbar oleh Chris Pederick. Itu adalah ekstensi Firefox / plugin Firefox (add-on). Kita bisa mendapatkannya di sini :
https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/web-developer/?src=ss
Setelah terinstal, kita akan melihat toolbar seperti ini :


Seperti yang kita lihat, ada banyak pilihan untuk pemula web developer.
Untuk bagian Javascript, silahkan lihat di sebelah kanan dari toolbar dan sobat akan melihat tiga centang warna hijau seperti gambar dibawah :


Hal ini menunjukkan bahwa semua dalam keadaan baik pada halaman. Tetapi jika kita melihat X merah di sebelah kanan itu berarti ada kesalahan atau peringatan untuk Javascript kita :


Ketika kita mengklik X merah, kita akan melihat sebuah pop up console. Console akan memberitahu kita beberapa informasi tentang kesalahan :


Meskipun pesan itu sendiri dapat membingungkan apalagi kita seorang pemula, setidaknya memberitahu kita baris mana kesalahan pada. Kita juga dapat mengetikkan sesuatu di kotak teks kode dan klik tombol evaluasi :


Jika ada kesalahan, kita kemudian akan melihat ini :


Jika kita ingin mencoba ini, ketik huruf kecil "" dan klik mengevaluasi lagi. Kita akan melihat kotak pesan yang muncul. Kode telah berhasil dijalankan. Javascript debugger lain yang populer adalah Firebug. Sekali lagi, ini adalah untuk Firefox. Ini bisa menjadi sedikit menakutkan untuk pemula, tetapi layak mencoba. Firebug home page ini di sini:
http://getfirebug.com/
Internet Explorer 9 telah debugger Jscript canggih dibangun ke dalamnya. (Jscript adalah Microsoft versi JavaScript. Ini adalah sebagian besar sama.) meskipun debugger sulit untuk menemukan. Pertama, tekan tombol ALT kiri pada keyboard Anda untuk melihat File, mengedit, melihat menu di bagian atas. Sekarang klik Tools untuk Internet Options. Dari kotak dialog Internet Options klik Lanjutan tab. Scrool kebawah dan temukan entri untuk menonaktifkan Script Debugging. Hapus catatan ini jika memiliki tanda centang. Klik tombol Apply di bagian bawah Internet Options. Reload halaman web sobat dan sobat akan melihat pesan di bagian bawah tentang kontrol ActiveX. Maka akan keluar notice yes dan cancel di kotak dialog kesalahan halaman Web. Setelah semua itu, sobat harus lihat berikut ini :


Debugger bukanlah hal yang termudah di dunia untuk mengerti, tetapi setidaknya kita mendapatkan latar belakang yang baik dan pointer untuk kesalahan kita!

Dalam kesempatan berikutnya, kita akan pelajari bagian pertama dari Javascript.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar