Sabtu, 24 November 2012

Menginstal dan pengujian Wampserver

Menginstal dan pengujian Wampserver - Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas apa yang kita butuhkan untuk memulai dengan PHP? Semoga sobat sekarang telah didownload dan sudah terinstal Wampserver di PC sobat. Ini akan memberikan kita sebuah server pada PC kita sendiri (ga perlu beli hosting untuk tutorial disini), dan di suatu tempat kita dapat menguji script kita. Jika sobat belum mendowload Wampserver, sobat dapat mendownloadnya di sini :
http://www.wampserver.com/en/download.php
Jika instalasi Wampserver berjalan dengan baik, pastikan sobat memiliki ikon baru di bagian kanan bawah, dan klik pada ikon tersebut untuk melihat list menu seperti gambar berikut :


Nah, dari sini kita dapat menghentikan server, keluar, lihat file bantuan, dan melihat halaman konfigurasi.

Sekarang coba sobat klik pada localhost, maka akan melihat Halaman ini muncul : (Localhost hanya merujuk kepada server berjalan pada komputer kita sendiri. Cara lain untuk merujuk pada server kita adalah dengan menggunakan alamat IP 127.0.0.1.)


  • Menyimpan file PHP Anda
Setiap kali kita membuat halaman PHP baru, kita perlu untuk menyimpan di direktori WWW. Kita dapat melihat hal ini dengan mengklik dengan item pada menu seperti gambar berikut :


Ketika kita mengklik pada direktori www, kita akan melihat sebuah popup yang muncul. Gambar dibawah ini dari Windows 7 : (Sobat mungkin akan memiliki hanya dua file, indeks dan testmysql.)


Folder www ini untuk Wampserver adalah biasanya di lokasi ini pada hard drive kita :
c:/wamp/www /
  • Meluncurkan skrip PHP
Misalkan kita telah menciptakan sebuah php script sebut aja tester1.php. Untuk menjalankan script ini, kita perlu menambahkan nama script setelah localhost di browser Anda. contoh seperti ini :
http://localhost/index.php
Sobat jangan ketik nama wamp folder. Ini akan menjadi salah, misalnya :
c:/WAMP/www/tester1.php
Dan seperti hal ini juga  :
http://localhost/www/tester1.php
Server kita sudah tahu mana www folder, jadi sobat tidak perlu mengetik itu, hanya menambah nama script localhost. Demikian juga, jika kita membuat folder di bawah www maka kita akan hanya ketik ini :
http://localhost/nama_folder/nama_script.php
Sampai saat ini, semoga sobat sudah paham dan berasumsi berjalan dengan baik, kita bisa belajar bersama dikesempatan selanjutnya.
semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar